Cari Blog Ini

Sabtu, 21 Mei 2011

Landasan Historis



Landasan Historis Pendidikan Nasional
A. TUJUAN
      Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu memahami dan mengkritisi asumsi-asumsi histories yang  mendasari pendidikan Indonesia
B. DESKRIPSI MATERI KULIAH
1. Kondisi sosial budaya  
     Landasan  Histories pendidikan Indonesia adalah  cita –cita dan praktek-praktek pendidikan masa lampau. Dilihat dari kondisi social budaya , pendidikan masa lampau  Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga  tonggak sejarah, yaitu 
a.       Pendidikan Tradisional , yaitu penyelenggaraan pendidikan di nusantara yang dipengaruhi oleh agama-agama besar di dunia  Hindu, Budha, Islam dan Nasrani  (katolik dan protestan)
b.      Pendidikan kolonial Barat, yaitu penyelenggaraan pendidikan di nusantara yang     dipengaruhi oleh pemerintahan kolonial barat, teutama kolonial Belanda
c.       Pendidikan kolonial Jepang yaitu penyelenggaraan pendidikan di nusantara yang dipengaruhi oleh pemerintahan kolnial Jepang dalam zamanperang dunia II
2.  Implikasi Kondisi social  Budaya  terhadap Pendidikan
Kondisi social budaya dari ketiga tonggak sejarah pendidikan tersebut  mempunyai  implikasi terhadap penyelenggaraan pendidikannya dalam hal tujuan pendidikan, kurikulum /.isi pendidikan, metode pendidikan, dan pengelolaannya,  dan kesempatan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar